Menjadi pemarah akhir-akhir ini? Bisa jadi Anda kurang tidur.

Pekerjaan kantor atau merawat anak dapat membuat kita susah tidur. Beban pikiran atau stres juga mengakibatkan orang menjadi kesulitan tidur.

Anda mungkin tidak bisa mengontrol atau menghilangkan semua faktor yang mengganggu tidur, tetapi Anda dapat menciptakan sebuah lingkungan atau suasana sehingga mendorong agar tidur lebih nyenyak.

Berikut adalah 10 tips tidur nyenyak:

1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama.

Pergilah ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Disiplin dengan jadwal akan membiasakan tubuh dengan siklus tidur sehingga membuat Anda lebih cepat lelap.

2. Jangan banyak makan/minum.

Jangan makan atau minum dalam jumlah besar sebelum tidur. Makan malam sebaiknya dilakukan dua jam sebelum tidur. Jika perut sensitif, menghindari makanan pedas atau berlemak sangat dianjurkan untuk menghindari perut mulas.

Minum sebelum tidur juga perlu dibatasi. Terlalu banyak cairan dapat menyebabkan Anda bangun berulang kali untuk ke toilet.

3. Hindari nikotin, kafein dan alkohol di malam hari.

Ini adalah stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga. Jangan minum kafein (kopi) delapan jam sebelum waktu tidur. Tubuh butuh waktu lama untuk menghilangkan efek kafein.

4. Olahraga teratur.

Aktivitas fisik yang teratur, terutama latihan aerobik, dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan membuat tidur lebih nyenyak. Namun, jangan berolahraga sebelum tidur. Ini justru akan membuat tidur jadi lebih sulit.

5. Kondisikan kamar tidur sejuk, gelap, tenang dan nyaman.

Buat kamar yang ideal untuk tidur. Sesuaikan pencahayaan, suhu, kelembaban dan tingkat kebisingan dengan preferensi Anda. Padamkan lampu, menutup mata atau telinga, selimut ekstra, atau lainnya untuk menciptakan kenyamanan sesuai kebutuhan Anda.

6. Tidurlah terutama di malam hari.

Tidur siang mungkin mencuri jam tidur malam hari. Batasi tidur siang paling tidak setengah jam. Jika bekerja shift malam, tutup tirai jendela sehingga sinar matahari yang mengatur jam internal tubuh, tidak mengganggu tidur Anda.

7. Pilih kasur dan bantal yang nyaman.

Setiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Tapi pastikan semuanya nyaman. Jika Anda berbagi tempat tidur, pastikan ada cukup ruang untuk dua orang.

Anak-anak dan hewan peliharaan sering mengganggu, sehingga perlu diatur batas seberapa sering mereka tidur di tempat tidur bersama Anda.

8. Santai sebelum tidur.

Lakukan hal yang sama setiap malam untuk menginformasikan tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Ini termasuk mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik. Bersantai dapat membantu memudahkan transisi antara sadar dan kantuk.

9. Tidur ketika lelah dan mematikan lampu.

Jika tidak dapat tertidur dalam waktu 15 sampai 20 menit, segera bangun dan melakukan sesuatu yang lain. Kembali ke tempat tidur ketika Anda lelah.

10. Pil tidur hanya sebagai pilihan terakhir.

Berkonsultasilah dengan dokter sebelum minum obat tidur. Pastikan obat tidur tidak berinteraksi dengan obat lain atau dengan kondisi medis yang ada.

Dokter dapat membantu menentukan dosis terbaik. Setelah mengambil obat tidur, kurangi dosis secara bertahap ketika ingin berhenti.

Jika mengalami kesulitan tidur secara menerus, mungkin ada gangguan seperti obstructive sleep apnea atau restless legs syndrome.

Mengidentifikasi dan mengobati penyebab gangguan dapat membantu Anda kembali mendapatkan tidur yang nyenyak