Dr. David Reed, seorang mamalogi di University of Florida, mempelajari kutu pada manusia modern untuk memahami evolusi manusia dan pola imigrasi.

Penelitian menunjukkan manusia modern mulai menggunakan pakaian sekitar 70 ribu tahun sebelum melakukan migrasi ke daerah dengan lintang yang lebih tinggi. Peristiwa itu terjadi 100 ribu tahun lalu.

Penentuan waktu penggunaan pakaian di manusia masa lalu tidak dapat diketahui dari data arkeologi. Sebab pakaian purba tak dapat bertahan di situs arkeologi.

Sebaliknya, studi Reed selama lima tahun menghitung DNA saat pertama kali kutu pakaian mengalami penyimpangan genetis dari kutu kepala manusia.

“Kami ingin menemukan metode yang berbeda dalam mengetahui penggunaan pakaian pada manusia lampau,” kata Reed.

“Karena kutu sangat mudah beradapatasi pada pakaian maka kami dengan tegas menyebutkan bahwa kutu pakaian tidak mungkin muncul jika tidak ada penggunaan pakaian pada manusia,” ujar Reed.

Studi ini juga menunjukkan manusia mulai menggunakan pakaian setelah mereka kehilangan rambut di tubuh. Ini terkait penelitian soal pewarnaan kulit yang terjadi satu juta tahun lalu.

“Sangat menarik untuk mengetahui bahwa manusia mampu bertahan hidup di Afrika pada ratusan ribu tahun lalu tanpa memiliki pakaian atau rambut di tubuh