Para ilmuwan menemukan alasan mengapa jeruk memberikan keuntungan yang lebih besar daripada kapsul vitamin C atau suplemen lainnya.

Para peneliti di Brigham Young University, Utah, Amerika Serikat, dalam laporan riset yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science menyatakan bahwa jeruk mengandung campuran unik antioksidan.

Kombinasi ini memberikan manfaat jauh lebih efektif daripada jika zat dalam jeruk dikonsumsi secara terpisah.

Antioksidan dikenal mampu memperlambat penuaan sel-sel tubuh, melindungi terhadap kanker, dan membantu mencegah penyakit jantung.

“Ada sesuatu dalam jeruk yang lebih baik daripada menelan kapsul vitamin C, dan itulah yang ingin kami ketahui. Kami berpendapat komposisi tertentu dalam antioksidan jeruk mampu memberi keuntungan untuk kesehatan Anda, “kata Tory Parker, asisten profesor gizi, diet dan ilmu makanan pada Brigham Young University.

Parker dan timnya meneliti bagaimana fenol jeruk yang terdiri dari antioksidan dan antimikroba bekerja secara sinergi. Komponen ini digunakan oleh tanaman untuk melindungi diri dari dekomposisi dan serangan biologis.

Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa teori mereka benar. “Buah harus dikonsumsi sebagai makanan penutup. Dan ingat, sebelum kue, permen, dan makanan ringan lain, jeruk atau buah-buahan lebih baik dikonsumsi terlebih dahulu, ” kata Parker