Siapa yang tak kenal cokelat, makanan manis yang banyak digemari dari mulai anak kecil hingga orang dewasa.

Selain bisa bikin perasaan bahagia, ternyata cokelat bisa membuat hidup lebih lama.

Menurut penelitian di Amerika, orang yang makan coklat dan permen tiga kali sebulan, bisa hidup hampir satu tahun lebih lama daripada mereka yang makan terlalu banyak atau malah menghindarinya sama sekali.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Harvard School of Public Health, meneliti hampir 8.000 pria Amerika berusia 65 tahun selama lima tahun. Hasil penelitian kemudian disesuaikan dengan faktor resiko lain, termasuk rokok dan konsumsi alkohol.

Cokelat merupakan salah satu obsesi dari suku Aztec, di Amerika Selatan. Cokelat saat ini digunakan sebagai bahan rutin dalam masakan Amerika Latin, dibawa ke Eropa setelah penaklukan conquistador Amerika Selatan.

Cokelat merupakan salah satu bisnis besar dengan pasar global bernilai sekitar $ 75 miliar, oleh karena itu penelitian ini menjadi berita yang sangat baik bagi produsen cokelat.

Hasil penelitian juga menjadi berita bagus untuk orang Inggris, yang mengonsumsi rata-rata 14 kg permen dan cokelat per orang setiap tahun.

Konsumsi cokelat juga termasuk makanan olahan lain seperti biskuit cokelat, kue Jaffa, telur Paskah, dan lain-lain.

Sebaliknya, orang Amerika rata-rata hanya mengonsumsi sekitar 6,5 kg makanan tersebut dalam periode yang sama.

Walaupun cokelat dan permen yang diteliti, namun para peneliti percaya bahwa cokelat adalah kunci untuk hidup lebih lama karena mengandung zat yang melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan kanker.

Cokelat, seperti anggur merah yang juga dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, diyakini mengandung zat kimia yang disebut fenol.

Zat yang sama juga ditemukan dalam strawberi. Itulah alasan mengapa orang memasukkan strawberi ke dalam gelas champagne, karena berfungsi melawan efek berbahaya dari alkohol.

Selain itu, cokelat mampu pula mengurangi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan DNA.

Proses pembuatan cokelat dari tanaman kakao juga dapat membatasi pembentukan jenis kolesterol yang merusak jantung serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, seperti yang tertera dalam buku-buku makanan, cokelat memiliki kalori yang tinggi. Sehingga jika makan terlalu banyak bisa membuat Anda gemuk, yang akhirnya meningkatkan resiko penyakit jantung.

Jadi, fakta yang paling penting adalah jika kita memakan sesuatu apapun dalam jumlah yang moderat dapat membuat hidup kita lebih lama dan lebih bahagia