TINJAUAN 【】 Kita tahu, SATA 1.0 kecepatan transfer data telah mencapai 150MB / s, dibandingkan dengan disk IDE interface tradisional keras lebih cepat, tetapi jika Anda sudah mendapat dua drive SATA, kemudian membangun mereka ke dalam sebuah sistem RAID 0,akan memungkinkan tingkat yang lebih tinggi performa sistem Anda disk.

Kita tahu, SATA 1.0 kecepatan transfer data telah mencapai 150MB / s, dibandingkan dengan disk IDE interface tradisional keras lebih cepat, tetapi jika Anda sudah mendapat dua drive SATA, kemudian membangun mereka ke dalam sebuah sistem RAID 0, akan memungkinkan Anda untuktingkat yang lebih tinggi kinerja sistem disk.
RAID pada awalnya digunakan untuk pasar server high-end, tetapi dengan pesatnya perkembangan aplikasi komputer, RAID teknologi telah merambah ke berbagai bidang.Sekarang, di motherboard komputer rumah, RAID chip controller di mana-mana.Untuk saat ini, PATA, SATA dan SCSI interface hard drive yang tersedia melalui chip controller RAID yang tepat untuk mengatur sistem RAID.Di komputer rumah, kita umumnya menggunakan RAID 0, RAID array disk 1 dua arah.

Bagaimana mengatur sistem RAID

Jika Anda memiliki dua hard drive dan motherboard chip Southbridge mendukung fungsi RAID, atau pihak ketiga motherboard RAID controller chip yang terintegrasi, dapat mengatur sistem RAID.

Pertama, chip mendukung fungsi RAID

Fitur RAID saat ini didukung adalah Intel South Bridge chip ICH5R (umum di beberapa i865PE high-end, motherboard i875P), ICH6R dan ICH6RW (untuk i915 dan i925 motherboard), dan VIA VT8237.Chip ini mendukung fungsi SATA RAID, yaitu menggunakan dua drive SATA untuk membentuk RAID 0 atau RAID 1 sistem, dan pengaturan mereka pada dasarnya dengan cara yang sama.

Selain chip jembatan selatan mendukung fungsi RAID di samping itu, Sil3114 Silicon Image’s, Sil3112, SiS SiS180 juga mendukung SATA RAID dan fungsi chip lainnya.Perusahaan chip VIA VT6410, ITE chip IT8212F akan mendukung perusahaan fungsi IDE RAID, yang dapat terdiri dari dua hard disk PATA RAID sistem.

Catatan: Sistem RAID di dalam bangunan, yang terbaik untuk membeli ukuran yang sama, merek yang sama sama model hard drive, sehingga Anda dapat memaksimalkan perlindungan investasi, untuk menghindari pemborosan sumber daya.

Di sini, kita ICH5R chip Intel sebagai contoh, menjelaskan bagaimana menggunakan dua hard drive untuk membentuk RAID 0 atau RAID 1 sistem.

Kedua, membuka fungsi RAID di BIOS

Terpasang SATA hard disk, buka BIOS akan memasuki South Bridge chip fungsi RAID.Metode spesifik adalah: masukkan BIOS setup utility “OnChip IDE Device” jendela, menemukan file bernama “SATA Mode” pilihan, set ke “RAID”, kemudian simpan pengaturan BIOS dan restart komputer.

Ketiga, mengatur sistem RAID

Mulai RAID di BIOS fitur, ICH5R South Bridge chip, built-in “Intel ROM RAID Option” akan dimulai, Intel RAID perangkat lunak aplikasi yang menyediakan layanan BIOS dan DOS.Pada sistem mulai POST (Power On Self Test), layar akan memiliki beberapa pesan, tekan “Ctrl + I” untuk memasukkan Intel RAID Configuration Utility jendela. Di jendela, jendela adalah bagian atas dari menu utama, berikutnyasetengah dari acara ini sudah dipasang dua informasi keras, seperti jenis harddisk, kapasitas, apakah sudah menyiapkan sistem RAID.

Pindahkan kursor ke menu utama “1.Create RAID Volume”, lalu tekan tombol Enter, kemudian membuat sistem RAID akan memasuki antarmuka utama, langkah pertama kursor ke “Nama” pilihan pada, masukkan RAIDnama volume, Anda biasanya dapat menggunakan nama default, tekan “TAB” tombol, kursor pada opsi “RAID Level”, di tekan atas atau bawah tombol panah, Anda dapat memilih jenis RAID ─ ─ RAID 0atau RAID 1, sesuai dengan kebutuhan aktual mereka untuk memilih jenis RAID (jika Anda ingin meningkatkan kinerja disk, pilih RAID 0, Jika Anda menginginkan keamanan yang lebih baik, pilih RAID 1), tekan tombol “TAB” untuk memindahkan kursor ke “JalurUkuran “pilihan, pilih nilai seri, biasanya dipilih” 128 KB “.Setelah selesai setting, tekan tombol “TAB” tombol, kursor dalam “Volume Buat” pada. Tekan tombol Enter, muncul pesan meminta untuk mengkonfirmasi penciptaan sistem RAID.