Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan.

Sangat dianjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari.

Anda harus minum lebih banyak saat cuaca panas atau sehabis melakukan aktivitas fisik yang berat.

Tanda awal dehidrasi meliputi rasa haus meningkat, mulut kering, air ludah lengket, jarang buang air kecil, dan urin yang berwarna kuning pekat.

Dehidrasi juga menyebabkan tubuh terasa lemas dan sakit kepala.

Memang sulit untuk minum banyak air, terutama jika sudah minum banyak soda atau kopi.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda minum cukup air dan membuatnya menjadi aktivitas yang menyenangkan.

1. Bikin catatan kecil

Catatan dapat dibuat dengan cara sederhana seperti menulis di sepotong kertas kecil yang ditempelkan di lemari es, atau halaman dalam agenda harian Anda.

Buatlah tanda centang saat Anda selesai meminum segelas air. Catatan ini akan membantu melacak berapa banyak air yang sudah diminum hari ini.

2. Tambahkan jus lemon

Hanya minum air mungkin akan membosankan. Berikan variasi rasa pada air putih dengan menambahkan satu sendok lemon. Anda juga dapat mencoba jus buah lainnya.

Tapi harus diingat, jus ini hanya tambahan untuk variasi rasa, karena tujuan utamanya tetap minum air putih.

3. Minum air saat merasa lapar

Kadang-kadang tubuh tidak bisa membedakan apakah sedang merasa lapar atau haus. Jika merasa lapar, cobalah minum segelas air terlebih dahulu. Mungkin tubuh hanya merasa haus.

4. Membawa botol air

Lebih mudah untuk minum ketika air tersedia didekat Anda. Membawa botol air dalam mobil atau di tempat kerja, akan membuat Anda minum tanpa menyadarinya.

5. Minum lebih saat beraktivitas fisik

Pastikan minum beberapa gelas tambahan saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Tubuh membutuhkan air lebih banyak ketika berkeringat