Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan utama di masyarakat.

Obesitas akan memicu berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Oleh karena itu, berbagai program dan produk penurun berat badan amat laku di pasar.

Namun, tidak semua produk dan program tersebut aman dan efektif. Berikut 5 tips menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

1. Mengkonsumsi makanan secukupnya (tidak berlebihan). Lebih baik makan sedikit tapi lebih sering daripada makan sekali dengan porsi besar. Pilih makanan yang mengandung banyak nutrisi tapi rendah kalori.

Makan lebih sering juga akan menjaga Anda dari kelaparan. Rasa lapar hanya akan memacu Anda makan lebih banyak.

2. Tidur. Tidur sangat penting untuk mendukung program menurunkan berat badan. Tidur sering dianggap tidak baik karena hanya akan membakar sedikit kalori.

Akan tetapi kurang tidur justru lebih beresiko karena hanya akan membuat Anda cenderung makan lebih banyak karena kelelahan.

3. Jauhi minuman beralkohol. Terlalu banyak alkohol akan menyebabkan Anda terlalu sering buang air kecil sehingga memicu dehidrasi.

Alkohol juga mengandung banyak kalori yang tidak membantu untuk menurunkan berat badan. Alih-alih alkohol, perbanyak minum air putih untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu membakar kalori.

4. Perbanyak asupan sayuran. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Sayuran juga kaya serat yang mampu menekan nafsu makan. Serat akan membantu Anda kenyang lebih lama sehingga menghindarkan dari makan berlebih.

5. Olahraga. Olahraga menjadi penting karena membantu membakar kalori. Olahraga juga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.