Apakah lemari pakaian Anda penuh dengan pakaian bagus yang telah menjadi terlalu kecil untuk dipakai?

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, bagaimana saya menjadi gemuk atau kelebihan berat badan?

Lemak terkumpul secara bertahap selama jangka waktu tertentu. Penyebab kegemukan bisa dari banyak hal.

Dalam banyak kasus, kegemukan muncul akibat kombinasi dari sejumlah faktor yang mengarah ke penumpukan lemak secara berlebih.

Tapi pertanyaannya tetap sama, mengapa beberapa orang tetap langsing sementara yang lain menjadi gemuk bahkan dalam keluarga yang sama?

Berikut lima faktor penyebab kegemukan:

1. Terlalu banyak karbohidrat.

Salah satu penyebab paling umum adalah makan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak seperti nasi, roti, pasta, kentang, dan produk daging.

Makanan kemasan juga mengandung gula dan garam tinggi untuk meningkatkan rasa serta sebagai pengawet. Makanan ini sulit dicerna sehingga menyebabkan timbunan lemak pada perut.

2. Makan terlalu banyak pada satu waktu.

Sangat mudah untuk makan terlalu banyak ketika banyak hidangan lezat dan berselera, terutama saat piknik atau pesta.

Untuk mencicipi berbagai macam makanan, ambillah hanya porsi kecil, agar tidak makan berlebih.

Masalah ini dapat diperburuk dengan mengemil kue atau makanan ringan diantara waktu makan. Tubuh jadi kelebihan karbohidrat sehingga akan disimpan sebagai lemak.

3. Kurang olahraga.

Ini menjadi masalah bagi para pekerja kantor yang tidak membutuhkan banyak gerak. Atau orang-orang yang terlalu banyak menghabiskan waktu bermain game komputer alih-alih terlibat dalam kegiatan fisik.

Olahraga akan membantu tubuh membakar kalori dan membuat badan selalu fit dan segar.

4. Masalah kesehatan

Beberapa orang menjadi kelebihan berat badan karena berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan kronis, masalah hormonal, depresi atau diabetes.

Depresi juga cenderung membuat orang lebih banyak ngemil sehingga berat badan bertambah. Kondisi ini membutuhkan bantuan dan saran dari profesional kesehatan.

5. Kurang tidur

Penelitian terbaru menemukan hubungan antara orang gemuk dan mereka yang kurang tidur. Ketika tidur, tubuh melakukan pembakaran lemak. Orang yang terjaga juga cenderung banyak ngemil sehingga memicu kegemukan