DAFTAR ISI

Kata pengantar                                                                                1

Latar belakang                                                                                 2

Tujuan                                                                                             2

Sasaran                                                                                             2

Permasalahan                                                                                  2

Kekuatan                                                                                         3

Kelemahan                                                                                       3

Peluang                                                                                            3

Tantangan                                                                                        4

Kesimpulan                                                                                     4

Saran                                                                                                4

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, atas berkat rahmat dan ridho nya saya dapat menyelesaikan pembuatan makalah “aktifitas pertanian kurang di minati oleh generasi muda berkualitas”

Saya membuat tulisan ini yang gunanya agar generasi muda kita dapat menjadi refrensi dalam mengembangkan sektor usaha pertanian

Sebagai penulis makalah ini saya memerlukan saran dan kritik demi meningkatkan daya cipta saya dalam pembuatan makalah – makalah atau penulisan saya kedepan. Semoga apa yang saya tulis bisa atau dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

BAB 1

1.1 LATAR BELAKANG

Negara indonesia adalah negara yang agraris , indonesia juga di sebut jamrud khatulistiwa karena wilayah indonesia sangat cocok untuk di tanami berbagai jenis pohon pohonan . indonesia pun juga pernah menjadi lumbung padi di asia tenggara , karena indonesia memproduksi beraqs dlm jumlah yang besar.

1.2 TUJUAN

Tujuan saya mebuat tulisan ini agar kita sebagai generasi penerus tau bahwa sekarang ini sudah sangat jarang kaum muda berkecimpung di dalam dunia pertanian ,hal ini yang harus di perhatikan , karena siapa lagi yang mau memajukan pertanian negara indonesia , kalau bukan kaum generasi muda yang berkualitas.kaum generasi muda di harapkan dapat lebih kreatif dalam mengelola pertanian di indonesia.

1.3 SASARAN

Tulisan ini saya buat semata mata untuk refrensi generasi muda agar mendapat gambaran tentang keadaan pertanian di indonesia .karena sekarang ini banyak generasi muda di indonesia yang kurang tertarik dengan aktifitas pertanian . hal ini yang harus menjadi perhatiaan ,karena masa depan pertanian di indonesia bergantung oleh generasi mudanya.

BAB 2

2.1  PERMASALAHAN

selain lahan yang terus menyempit, infrastruktur yang rusak, pertanian di Indonesia juga punya masalah serius dalam perkara sumber daya manusia. Di Jawa barat 40 persen petani berusia dia tas 50 tahun. Usia yang tidak lagi produktif untuk melakukan pekerjaan-pekarjaan di bidang pertanian ini tentu saja menuntut adanya regenerasi sehingga bisa menjamin tetap bergulirnya aktivitas pertanian yang merupakan sumber utama penghidupan sebagian besar rakyat Indonesia, terutama di Jawa barat.Namun demikian, generasi muda, yang semestinya menjadi generasi penerus, sangat jarang yang memilih pertanian sebagai mata pencaharian

mereka. Di desa, kaum muda yang umumnya lahir dan dibesarkan di keluarga petani, sebagian besar enggan untuk melanjutkan profesi orang tua mereka untuk menjadi petani. Mereka lebih memilih pekerjaan ‘non tanah’ sebagai sumber penghidupan. Misalnya menjadi buruh pabrik, kuli bangunan, atau tukang ojek. Sebagian dari mereka tergoda untuk pergi mengadu nasib di kota macam Jakarta. Hal ini bisa dilihat diantaranya dari fenomena urbanisasi tahunan pasca lebaran. Puluhan ribu orang dari desa berbondong-bondong ke kota. Di kota mereka biasanya bekerja di sektor informal seperti pedagang kaki lima, pembantu rumah tangga, menjadi buruh bangunan, adapula yang terpaksa menjadi pengamen jalanan.

2.2 KEKUATAN

sektor pertanian di indonesia meningkat pada tahun 2009 . karena produksi beras d indonesia mencapai 2 ton . sehingga tidak perlu mengimpor beras dari negara lain.ini sektor ini juga yang menjadi kekuatan di indonesia , karen pada kurun waktu 2004 sampai 2007 , nilai ekspor indonesia dari 71,6 miliar menjadi 114 miliar.atau naik menjadi 2 kali lipat.hal ini yang harusnya di pertahankan agar sektor di bidang pertanian dapat menjadi andalan bagi negara indonesia.

2.3 KELEMAHAN

Indonesia kaya akan sumber daya alam ,indonesia juga pernah menjadi lumbung padi asean tapi mengapa sampai sekarang kemiskinan di negar ini belum juga dapat teratasi . padahal indonesia adalah negara yang agraris, kaya akan sumber daya alam . hal ini yang masih menjadi tanda tanya besar , ada apa sebenarnya sehinnga kemiskinan di negara ini belum dapat di atasi.adakah solusi yang tepat untuk mengatasi kemiskinan di negara ini .

2.4 PELUANG

Jika kita dapat mengelola usaha pertanian dengan cara yang lebih lebih kreatif , ini dapat menjadi lapangan pekerjaan yang sangat menguntungkan , karena selain kita memajukan usaha pertanian di negara kita , kita juga dapat menjadikan ini sebagai mata pencarian. Tentu saja ini sangat menguntungkan . selain itu juga kita dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan pekerjaan , jadi kita membantu negara untuk mengurangi tingakat pengangguran di nagara indonesia.

2.5 TANTANGAN

Kita di harapkan dapat mengembangkan sektor usaha pertanian di indonesia agar dapat bersaing dengan ngera negra maju seperti jepang yang kini telah menerapkan sistem pertanian modern.ini yang harus kita benahi bagaimana sistem pertanian kita dapat berubah dari cara tradisional menjadi cara yang lebih modern

BAB 3

3.1 KESIMPULAN

Indonesia adalah negara kaya akan sumber daya alam, dan juga terkenal sebagai negara yang memilki tanah yang subur untuk daerah sektor pertanian.akan tetapi mengapa sampai saat ini juga masalah kemiskinan di indonesia belum terselesaikan.padahal negara ini pernah menjadi pengekspor beras di asean , tetapi mengapa rakyatnya masih saja menderita kemiskinan dan kelaparan . ini yang cukup prihatin , karena kita mengekspor beras tetapi rakyat di dalamnya masih menderita kelaparan dan kemiskinan.hal ini yang yang menjadi pembelajaran bagi kita semua agar kita dapat memajukan usaha pertanian di indonesia , yang gunanya agar tidak ada lagi masyarakat di indonesia yang hidup dalam kemiskinan dan kelaparan.

3.2 SARAN

Diharapkan kita sebagai generai muda dapat membagun sektor usaha pertanian di negara indonesia agar lebih maju daripada sebelumnya.agar negara indonesia tidak perlu mengimpor beras dari negara lain untuk memnuhi kebutuhan dalam negeri.generasi muda berkualitas di harapkan dapat lebih kreatif dalam membagun usaha dalam sektor pertanian.

Selain itu juga pemerintah tidak bisa lepas tangan begitu saja , karena rencana ini tidak dapat berjalan sendiri tanpa bantuan dari pemerintah . pemerintah di harapkan lebih memprhatikan , karena sektor di bidang pertanian kita masih sangat primitif di bandingkan oleh negara negara maju yang kini sudah menggunakan cara cara yang modern.