Sering kali kejadian memasang busi dengan posisi kurang pas (miring) , sehingga ulir rumah busi termakan.ini disebabkan material kepala silender terbuat dari aluminium dan bahan busi di kepala silindernya biasanya lebih cepat halus(rusak).
Jangan di paksa mesin untung hidup , karena busi bisa mental belasan meter terdorong kompresi piston.kalu sudah begini tidak usah panik karena terbayang dana yg cukup besar untuk memperbaiki motor kesayangan .selain harga yang lumayan mahal jika mengangganti dengan kepala silinder yang baru ,rasanya tak pantas mengeluarkan uang banyak hanya untuk ulir rumah busi yang yang sudah ompong.ada 2 tips n trick untuk mereparasi ulir rumah busi d kepala silinder,yaitu recoil atau bosing.tetapi metode bosing dengan material selongsong ulir terbuat dari besi d claim lebih awet karena sifatnya permanen.pasti silindernya harus di lepas dari blok mesin agar pengerjaan menjadi lebih mudah.
Rumah busi yang dratnya sudah dol tadi,dibubut ulang untuk perbesaran diameter.ini di maksudkan agar bosing besi model drat luar-dalam bisa di pasang dengan baik dan benar.untuk metode recoil biasa di pakai pada saat kondisi emegrency dan perlu penanganan dengan cepat seperti di arena balap hayan perlu waktu 30 menit.sementara metode bosing dengan material besi dipilih alternatif jitu untuk durabilitas lebih lama karena pemasangannya juga lebih rumit dengan sistem ulir.selain itu lebih aman untuk mereka yang gemar buka-pasang busi .setelah bosing terpsang di kepala silinder masih diperkuat dengan cantuman las combustion chamber / kubah yang di rapihkan lagi dengan bor tuner.jadi ngapain ngerogoh kocek mahal” , , kalo memang masih ada alternatifnya.selamat mencoba yah.