Tahukan Anda bahwa dokter di beberapa negara meresepkan teh hijau untuk mengobati penyakit umum seperti flu?

Teh hijau telah menjadi bagian dari budaya Asia setidaknya sejak 5000 tahun silam. Dalam budaya Cina, Jepang dan korea, teh hijau telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Di Korea, teh hijau digunakan dalam upacara spiritual untuk menenangkan jiwa dan untuk mendorong harmoni dan relaksasi.

Teh hijau juga sering diresepkan sebagai obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun sudah digunakan lama di timur, teh hijau hanya baru-baru ini populer di negara-negara barat.

Begitu banyak manfaat kesehatan teh hijau. Tidak hanya manfaat, penelitian juga mengungkapkan bahwa teh hijau sama sekali tidak memiliki efek samping.

Di Jepang meminum teh hijau sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pakar kesehatan menghubungkan sedikitnya penyakit koroner dan umur panjang orang-orang Jepang, setidaknya sebagian, dengan kebiasaan meminum teh hijau.

Polifenol dan bahan lain dalam teh hijau memiliki pengaruh anti-pembekuan ringan pada darah sehingga mengurangi akumulasi plak pada dinding arteri. Teh hijau juga baik untuk mengurangi tekanan darah dan kolesterol yang merupakan faktor penting dalam penyakit jantung.

Selain itu, orang yang minum setidaknya empat cangkir sehari, memiliki resiko lebih rendah terserang berbagai jenis kanker seperti pankreas, paru-paru, payudara dan kanker kulit.

Catechin, bahan antioksidan polifenol yang mempunyai rasa sedikit pahit, tidak hanya menghambat pertumbuhan sel kanker, tetapi juga dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyerang tubuh manusia.

Catechin juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. Zat ini secara efektif membunuh bakteri yang menumpuk di dalam mulut, mengurangi bau mulut serta plak gigi. Teh hijau juga mengandung fluor alami yang membantu mencegah timbulnya gigi berlubang.

Berbagai penelitian yang telah dipublikasikan menunjukkan banyak manfaat kesehatan dari minum teh hijau, termasuk kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan mulut.

Penelitian ini terus berlanjut dan terus menjanjikan bukti tentang kemampuan teh hijau untuk merawat kondisi serius seperti kanker